Cara Mendirikan Bisnis Online – Aspek Struktur dan Hukum

Mendirikan bisnis Anda sendiri akan selalu memberi Anda beberapa hal penting untuk dipikirkan dan dipelajari. Bisnis memiliki struktur berbeda yang harus Anda ketahui. Ini berlaku untuk memasang bisnis Anda di komunitas Anda yang sebenarnya dan memilikinya di dunia internet. Seiring dengan struktur bisnis, datanglah masalah hukum yang harus Anda tangani saat ini atau di masa depan. Jadi ini adalah salah satu kebenaran mendasar dalam mengetahui cara mendirikan bisnis online.

Pertama, mari kita bicara tentang struktur bisnis.

1. Kepemilikan Tunggal. Struktur bisnis yang sangat umum. Ini berarti bahwa Anda memiliki bisnis dan tidak ada orang lain yang memilikinya. Semua aset dan tanggung jawab datang dari Anda.

2. Kemitraan. Dari namanya saja sudah terlihat bahwa sebuah bisnis dimiliki oleh dua orang atau lebih. Orang-orang yang setuju untuk menjadi mitra akan berbagi keuntungan, kerugian dan kewajiban dll setiap saat.

3. Korporasi atau Perseroan Terbatas (LCC). Ini adalah konsep bisnis yang segar dan struktur yang jauh lebih kompleks. Hebatnya, ini diakui oleh hukum memiliki hak dan tanggung jawab yang sama dengan orang pengacara hukum bisnis sungguhan. Oleh karena itu, jenis bisnis ini memiliki pajak yang harus dibayar dan kompleksitas yang harus ditangani. Terutama, ada masalah pajak berganda. Jika Anda bertanya-tanya ada apa dengan pajak berganda, itu berarti Anda harus membayar pajak atas keuntungan yang diperoleh perusahaan Anda dan pendapatan yang Anda peroleh sebagai individu. Selain itu, perusahaan Anda perlu membayar pajak tahunan atas semua saham yang beredar.

4. Perusahaan S. Ini mirip dengan LCC tetapi tidak memiliki pajak berganda. Internal Revenue Service (IRS) memungkinkan perusahaan semacam ini dikenakan pajak sebagai “kemitraan” dan bukan sebagai Law Firm Jakarta perusahaan. Namun, agar Anda memiliki status S, bisnis Anda harus memenuhi 3 prasyarat yang diajukan oleh IRS. Nomor 1: jumlah dan jenis pemegang saham yang terbatas dalam usaha. Nomor 2: stok terbatas yang diterbitkan. Nomor 3: sumber pendapatan terbatas.

Struktur berbeda yang disebutkan di atas semoga memberi Anda gambaran tentang konsep bisnis apa yang paling cocok untuk Anda.

Selanjutnya, mari kita bicara tentang masalah hukum tentang cara mendirikan bisnis online. Pertanyaan yang sering diajukan dalam mendirikan bisnis online adalah: “Kapan saya membutuhkan pengacara?” atau “Apakah aspek hukumnya masih sama untuk bisnis kuno dan bisnis online?”. Mari kita cari tahu.

Seperti disebutkan sebelumnya, ada struktur berbeda yang dapat Anda pilih untuk bisnis Anda, dan ketika memutuskan struktur apa yang Anda inginkan, masalah hukum tertentu perlu ditangani. Katakanlah misalnya, Anda memutuskan untuk memiliki sebuah perusahaan. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui manfaat hukum serta implikasi pajak dari bisnis Anda. Ingat perbedaan antara LCC dan S Corporation? Nah, itulah yang sedang kita bicarakan.

Ada juga faktor lain yang harus Anda pertimbangkan, seperti paten, merek dagang, dan hak cipta. Anda harus berhati-hati karena kekayaan intelektual adalah domain yang harus Anda waspadai ketika membangun bisnis, dan itu lebih penting lagi ketika Anda ingin mempelajari cara membuat bisnis online. Misalnya, Anda harus berhati-hati saat memilih alamat situs web untuk keberadaan online bisnis Anda. Pastikan untuk tidak menggunakan frasa yang dilindungi hak cipta atau merek dagang. Selalu bertujuan untuk orisinalitas!

Berikutnya adalah lisensi dan kontrak. Jika, kebetulan, Anda akan menandatangani kontrak atau dokumen fisik lainnya, jangan pernah menandatangani tanpa membacanya. Saya tahu itu mungkin terdengar seperti saran yang jelas, tetapi beri tahu saya, kapan terakhir kali Anda membaca perjanjian lisensi iTunes sebelum menekan tombol “Saya Setuju”? Tepat. Jika Anda tidak memahami dengan jelas apa syarat dan ketentuan mengenai kontrak, atau jika Anda memiliki keraguan apa pun, maka Anda harus menghubungi pengacara Anda dan meminta bantuan.

Last but not least, ada baiknya untuk mendapatkan pengetahuan tentang hukum khusus internet. Anda dapat menemukan pengacara yang berspesialisasi dalam bidang semacam itu secara luas di negara bagian Anda. Tetapi hanya untuk memberi Anda gambaran tentang apa ini, hukum khusus internet adalah bidang yang tidak hanya mencakup masalah kekayaan intelektual, tetapi juga masalah hukum yang berhubungan dengan lisensi nama domain, pelanggaran merek dagang, atau pelanggaran hak tersebut, “cybersquatting ” (yang berarti pendaftaran ilegal dan penggunaan nama domain berdasarkan merek dagang terdaftar lainnya) dan semua masalah hukum lainnya yang ditemukan secara online.

Sekarang Anda tahu beberapa fakta dan pertimbangan penting yang harus Anda ingat ketika Anda ingin belajar cara mendirikan bisnis online. Setelah Anda membuat keputusan tentang struktur bisnis apa yang paling cocok untuk Anda, Anda dapat mulai mengerjakan bisnis itu sendiri, yang merupakan bagian yang sangat menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *